Minggu, 24 Juni 2018

Review Jurnal "ANALISIS DAN PERENCANAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DENGAN MODEL REA (STUDI KASUS PADA MICHIGAN INTERNATIONAL ENGLISH SCHOOL)"

Judul jurnal : ANALISIS DAN PERENCANAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DENGAN MODEL REA (STUDI KASUS PADA MICHIGAN INTERNATIONAL ENGLISH SCHOOL)

Penulis Jurnal : Dr. Widyatmini Karlina Faradila 

Link Jurnal : e-journal

Review ini dilakukan oleh:

Nama : Jay Firdaus Akbar
NPM  : 13116684
Kelas : 2KA32


Abstraksi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi dan kelemahan dalam sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Michigan International English School serta memberikan alternatif perancangan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada Michigan International English School.

Pendahuluan

Michigan International English School (MIES) sudah berdiri sejak tahun 2000. Eksistensi MIES sampai dengan saat ini telah membantu banyak siswa dalam belajar bahasa inggris yang dijaman ini bahasa inggris merupakan hal yang penting. Dengan keberadaannya yang sudah cukup lama, sudah seharusnya MIES sebagai badan usaha memiliki pengolahan kas yang terkomputerisasi. Komputer tersebut hanya digunakan untuk kegiatan administrasi. Agar dapat berkembang di masa depan MIES memerlukan software penunjang untuk sistem informasi administrasi pada Michigan International English School.

Pembahasan

Masalah yang akan dibahas adalah tentang Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Keuangan Penerimaan kas dengan metode REA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi. Observasi di lakukan untuk mengumpulkan data secara detail. Observasi di lakukan dengan mengamati secara langsung bagian yang terlibat dalam siklus penerimaan kas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi kasus menggunakan data kualitatif dari prosedur internal perusahaan lalu mendeskripsikan prosedur tersebut menggunakan diagram Sistem Akuntansi, Data Flow Diagram dan menggunakan model REA sebagai landasan perancangan sistem terkomputerisasi. 

Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas yang Sedang Berjalan pada Michigan International English School Perkembangan usaha Michigan International English School yang semakin maju dari tahun ke tahun dirasa sangat diperlukan untuk membuka cabang dibeberapa tempat lainnya. Manajemen merencanakan untuk membuka cabang sebanyang 10 cabang lain di Lenteng Agung yang berdekatan dengan SMA Negeri 38 dan SMP Negeri 98, Srengseng Sawah berdekatan dengan SMA Perguruan Rakyat, PS. Minggu, Mampang, Pondok Labu, jalan Raya Bogor yang berdekatan dengan SMP Negeri 7, Jalan Raya Ciracas yang berdekatan dengan Sekolah Sudirman, Kalisari berdekatan dengan SMA Negeri 98, Cinere berdekatan dengan Sekolah Bintara, Depok Timur yang berdekatan dengan SMA YAPEMRI dan Budi Utomo. Dengan membuka cabang manajemen memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan dalam satu cabang untuk kegiatan penerimaan kas yang belum terkompu-terisasi, berikut adalah rincian biayanya. Rincian biaya di atas adalah biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya bila cabang baru belum menggunakan sistem informasi akuntansi penerimaan kas terkom-puterisasi. Biaa tersebut belu termasuk kerugian akibat perhitungan yang salah dari bagian keuanga. Pada pengalaman Michigan Internatonal School cabang Bukit Cengkeh tiap bulannya terdapat selisis pada jumlah didalam data dengan jumlah aktualnya. Dengan rincian biaya tersebut manajemen dirasa sanga perlu untk menggunakan sistem informasi akuntasi terkomputerisasi. Berikut adalah Sistem Akuntansi Penerimaan Kas yang Sedang Berjalan pada Michigan International.

Kesimpulan dan Saran

Berdasarkan analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi penerimaan kas, maka kesimpulannya adalah sebagai berikut: 

1. Pelaksanaan sistem informasi akuntansi penerimaan kas masih memiliki beberapa kekurangan yaitu: A. Ada kekurangan bagian dalam hal penerimaan kas. 
B. Masih ada kekeliruan pada bagian Akademik yang pembuat kwitansi dan menerima uang pertama kali dari siswa. 
C. Adanya kekeliruan pada penyetoran uang setiap bulannya dilakukan oleh pimpinan. 
D. Kekeliruan pada pencatatan jurnal dan laporan keuangan yang dilakukan bagian Administrasi. 
E. Masih ada kerangkapan wewenang dan tanggung jawab yaitu pada bagian akademik. 
F. Informasi dan komunikasi terhadap pencatatan yang terlibat dalam sistem penerimaan kas masih sangat sederhana, semua dilakukan masih manual dan pencatatan yang dilakukan masih sangat sederhana dan tidak memiliki back up data sehingga memerlukan waktu yang lama untuk merekapitulasi penerimaan kas serta besar kemungkinan terjadinya kecurangan dan kehilangan dokumen. 
G. Belum terintegrasinya data penerimaan kas dengan aplikasi visual yang memudahkan pengguna dalam mengolah dan memeriksa database.

2. Perancangan sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada yang efektif untuk dapat diterapkan terdiri dari DFD, REA dan penggunaa software visual basic sehingga pencatatan dan perhitungan lebih efesien dan efektif serta memiliki back up data yang baik. 

3. Penerapan sistem informasi akuntansi penerimaan kas terkomputerisasi secara ekonomi layak untuk diterapkan hal tersebut dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk penerapan sistem informasi akuntansi secara komputerisasi lebih menguntungkan perusahaan dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan dalam mejalankan sistem informasi akuntansi secara manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar