Selasa, 16 Oktober 2018

Keterkaitan Interaksi Antara Manusia dan Komputer Pada Film Ex Machina(2014)

Ex_Machina adalah sebuah film psychological science-fiction thriller gesutan Alex Garland. Di mata saya, film Ex_Machina memiliki ide dasar yang cukup mengerikan mengenai teknologi, dan bisa saja menjadi kenyataan kalau manusia tidak mengendalikan ciptaannya. Apa yang mengerikan dari film ini terletak pada ide dasarnya: bagaimana kemungkinan di masa yang akan datang teknologi yang diciptakan oleh manusia akan memiliki kemampuan melampaui manusia itu sendiri. Dan melihat perkembangan AI pada jaman sekarang, tentu saja hal tersebut sangatlah mungkin terjadi.


Terdapat banyak keterkaitan hubungan interaksi manusia dan komputer di film ini, yaitu :

1.  Komunikasi antara Ava terhadap Caleb sangat mirip sekali dengan manusia biasa, bukan seperti berbicara dengan robot. Itu bisa dibuktikan saat Caleb bercerita Ava mampu meresponnya dengan alami seperti berbicara pada manusia biasa.

2. Adanya sensor suara untuk menghidupkan dan mematikan listrik merupakan sebuah interaksi manusia dengan ruangan berbasis komputer.

3. Penggunaan kartu pas, kartu pas ini digunakan untuk membuka ruangan yang menjadi fasilitas si pemillik kartu.

4. Interaksi antara Kyoko dengan Caleb dan Nathan, walaupun interaksi tersebut tidak sesempurna interaksi dengan Ava.

Dari film ini kita dapat mengambil hikmah bahwa kita harus dapat mengendalikan teknologi yang telah kita ciptakan dan jangan sampai teknologi itu menghancurkan kita sendiri. 



Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar